Komponen Komunikasi



sarjana Sumber/Komunikator (Source)

Keefektifan komunikator dalam komunikasi bukan hanya ditentukan oleh kemampuan dalam berkomunikasi tetapi juga pada diri si komunikator. Dalam rangka menyebarkan pesan pembangunan, baik pembangunan dalam arti umum maupun pembangunan yang bersifat fisik, maka peran komunikator sangat penting dan menentukan. Pengertian komunikator adalah individu yang sedang mengadakan komunikasi dengan individu kelompok (sasaran) yang lain. Keberhasilan dalam proses komunikasi dapat ditentukan oleh kemampuan pada diri komunikator. Suatu informasi atau pesan yang disampaikan komunikator kepada komunikan akan berhasil atau komunikatif apabila terjadi proses psikologis yang sama antar insan–insan yang terlibat dalam proses komunikasi.

Sumber dalam proses komunikasi adalah orang, kelompok, organisasi atau lembaga yang menyusun pesan (informasi) atau menyampaikanya kepada penerima melalui saluran tertentu. Ada 4 faktor utama didalam diri sumber yang dapat menetukan efektifitas komunikasi meliputi:

1. Sikap sumber
Sikap merupakan pernyataan psikologis dalam diri seseorang terhadap sesuatu obyek, dapat berupa predeposisi, kecenderungan, ataupun harapan. Sikap dapat muncul dalam bentuk yang positif (menyenangkan) ataupun negatif (tidak menyenangkan).

2. Pengetahuan Sumber
Pengetahuan sumber merupakan aspek kognitif dari sumber pesan yang banyak kaitanya dengan kemampuan berpikir. Pengetahuan sumber pesan adalah salah satu faktor yang besar peranananya dalam bentuk proses komunikasi yang efektif.

3. Ketrampilan Sumber
Faktor ketiga dalam diri sumber pesan yang dapat menentukan efektifitas proses komunikasi yang dilakukan adalah ketrampilan berkomunikasi. Meskipun memiliki pengeta.huan yang memaadai tetapi apabila tidak terampil berkomtrnikasi maka tidak akan dapat menyampaikan pesan-pesan dengan efektif. Sumber pesan yang terampil berkomunikasi akan mampu mengkomunikasikan pesannya kepada penerima dengan cara dan gaya penyampain yang sesuai dengan penerima.

4. Kredibilitas Sumber
Kredibilitas sumber pcsan dapat diartikan sebagai tingkatan sejauh mana sumber pesan dapat dipercaya oleh penerima pesan. Sumber pesan yang dipercava oleh penerima adalah surnber pesan yang kredibilitasnya tinggi. Namun apabila penerima menyampaikan apakah pesan yang disampaikan sumber itu benar atau akurat, berarti sumber tersebut kredibilitasnya rendah. Komunikasi akan berhasil apabila tcrdapat partisipasi antara kornunikator dengan komunikan.

baca Pesan (Message)

Komponen penyusun lainya dari proses komunikasi yaitu dibutuhkanya pesan atau materi informasi. Materi informasi atau pesan yang disampaikan merupakan suatu alat yang digunakan dalam proses komunikasi antara komunikator dengan komunikan sebagai suatu pernyataan panduan dari pikiran dan perasaan yang berupa ide–ide, informasi–informasi, himbauan, kendala dan sebagainya. Pesan atau materi yang penting dakam berkomunikasi adalah bagaimana caranya agar suatu gagasan atau pesan yang disampaikan komunikator dapa menimbulkan efek atau dampak yang positif.untuk itu seorang komunikator sebelum menyampaikan pesan harus mengerti terlebih dahulu terhadap kondisi komunikan terutama yang menyangkut aspek psikologis. Karena aspek ini akan berpengaruh atau berdampak langsung terhadap keberhasilan dalam menyampaikan pesan kepada komunikan. Disamping itu seorang komunikator dalam penyampaian pesan harus bersifat empati, yaitu kemampuan memproyeksikan diri kepada orang lain, dengan kata lain perbedaan kemempuan menghayati perasaan orang lain atau merasakan apa yang disampaikan oleh orang lain sehingga pesan – pesan yang akan disampaikan oleh komuikator akan lebih mudah diterima oleh komunikan.

callme Metode (Method)

Metode merupakan bagian dari saluran komunikasi sebagai pembentuk proses komunikasi, yang mana metode digunakan untuk menunjang berjalanya suatu proses penyampaian informasi. Metode komunikasi (channel) adalah suatu cara–cara yang digunakan dalam penyampaian materi/pesan.

adacall Media (Channel)

Saluran komunikasi dalam proses komunikasi selain menggunakan metode juga menggunakan media. Media merupakan saluran yang dapat menghubungkan antara komunikator dengan komunikan. Dengan demikian baik komunikator maupun sasaran harus mengetahui saluran–saluran yang tepat agar pesan yang disampaikan komunikator akan sampai dan diterima dengan baik oleh sasaran. Komunikasi dengan menggunakan media disebut juga komunikasi secara tidak langsung atau komunikasi yang bersifat satu arah sehingga komunikator tidak mengetahui tanggapan komunikan pada saat itu juga.

petani Sasaran/Komunikan (Receiver)

Sasaran atau komunikan merupakan komponen yang tidak kalah pentingnya dengan komunikator, pesan, dan saluran. Sasaran atau komunikan adalah seorang atau sejumlah orang yang menjadi sasaran atau penerima pesan dari komunikator ketika menyampaikan pesan. Komunikan atau sasaran dalam suatu proses komunikasi berfungsi diantaranya untuk melihat apakah ada dampak atau efek atas proses komunikasi dalam penyampaian informasi.

Last Update: -/-/-

0 Komentator:

Post a Comment

DO-FOLLOW BLOG

No Spam, No Rasis, No Anarkis, Relevant with Topic 'n Just Good Comment(s)