FIFA World Cup™ 2010: Para Pendahulu Anelka



Anelka bernasib seperti 7 pemain  lainnya. (Foto: Dok. SOCCER)

Nicolas Anelka bukanlah satu-satunya pemain yang dipulangkan selama Piala Dunia. Seperti dicatat Antara dari Reuters, setidaknya ada 7 pemain yang pernah dipulangkan selama Piala Dunia sebelum Anelka.

Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

Sigmund Haringer, Jerman, 1934
Pemain bertahan Jerman itu dipulangkan karena dituduh tidak disiplin karena memakan buah jeruk di stasion kereta api tanpa permisi. Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) menampik tuduhan itu dan mengatakan dirinya pulang karena sakit.

Ernst Jean-Joseph, Haiti, 1974
Pemain sepak bola Haiti itu tidak bersedia dites doping usai timnya kalah 1-3 dari Italia.

Willie Johnston, Skotlandia, 1978
Dia dikeluarkan dari tim karena gagal dalam pemeriksaan tes obat terlarang setelah timnya kalah dari Peru pada penyisihan grup.

Uli Stein, Jerman Barat, 1986
Penjaga gawang itu dikeluarkan dari timnya setelah memanggil pelatih Franz Beckenbauer sebagai gudang ketawa.


Stefan Effenberg

Stefan Effenberg, Jerman, 1994
Dia dikeluarkan karena membuat gerakan kasar ke arah penonton setelah ia masuk sebagai pemain pengganti saat melawan Korea Selatan di penyisihan grup. Hal yang membuat dirinya sempat tak lagi dilirik timnas.

Diego Maradona, Argentina, 1994
Kapten Argentina ini dipulangkan karena gagal saat tes obat terlarang, usai melawan Nigeria di penyisihan grup.

Roy Keane, Irlandia, 2002
Kepten tim Irlandia tersebut dikeluarkan karena berseteru dengan pelatih Mick McCarthy menyangkut mutu fasilitas berlatih. Kritikan itu diutarakannya kepada wartawan.

Nicolas Anelka, Prancis, 2010
Striker itu dikeluarkan dari tim Piala Dunia Prancis, Sabtu, karena bersilang kata dengan pelatih Raymond Domenech pada tengah babak, ketika timnya kalah 0-2 atas Meksiko pada pertandingan Kamis (17/6) dan ia tidak bersedia minta maaf.

Source: Tabloid Soccer


Comments