Harga Sayuran Mulai Turun



PACITAN - Masyarakat Pacitan, khususnya ibu rumah tangga, kembali bisa bernafas lega. Sejak kemarin (12/6), harga-harga sayuran mulai stabil. Tidak itu saja, ibu-ibu juga tidak kesulitan lagi mendapatkan kebutuhan memasak sehari-hari. ''Harga sudah mulai turun,'' kata Sri Utami, 40, pedagang di blok sayuran pasar Minulyo, Baleharjo, Pacitan, Minggu (13/6).

Dijelaskan, terkait harga sayur mayur, memang sangat fluktuatif. Semua tergantung pasokan dari petani maupun pedagang besar asal luar kota. Artinya, jika pasokan melimpah, secara otomatis harganya pun murah. Tetapi, sebaliknya, jika pasokan dari petani sedikit, sedang pedagag besar juga tersendat, otomatis harga menjadi mahal. Bahkan, dalam hitungan jam bisa mengalami kenaikan signifikan.

Sri mengungkapkan, seperti kacang panjang misalnya. Saat musim panen, harga standar sayuran ini hanya berkisar Rp 1.500 perikat. Namun, tingginya curah hujan dan banjir menyebabkan harga sayuran naik menjadi Rp 3 ribu perikat. ''Dua hari lalu, harganya memang melejit hingga Rp 5 ribu perikat,'' terang Sri.

Selain kacang panjang, kangkung dan daun singkong juga mengalami kenaikan signifikan. Jika sebelumnya seribu rupiah pertiga ikat, melejit menjadi seribu perikat. Persoalannya, hanya sedikit petani yang menjual hasil pertaniannya ke pasar. Sebab, mereka terkendala hujan, longsor maupun tanamannya membusuk.

Sebenarnya, lanjut Sri, hal itu bisa disiasati dengan mengurangijumlah ikatan. Artinya, dua ikat sayuran bisa dijadikan tiga ikat.Sehingga, harga tidak naik namun volumenya yang berkurang. Dengan cara seperti itu, tidak terlalu berdampak pada kompalin dari konsumen.

Seperti diberitakan sebelumnya, naiknya harga sayuran membuat ratusan pedagang ethek melakukan aksi mogok jualan, Jumat (11/6) lalu. Bahkan, sejak pukul 02.00 dini hari, mereka tidak mengambil dagangan, melainkan hanya duduk bergerombol di depan pasar.

Akibatnya, sejumlah pedagang selain sayur mayur mengaku terkena dampak aksi mogok pedagang ethek. Sebab, dagangannya menjadi sepi. Biasanya, mulai pukul 03.00, dagangannya sudah habis diborong pedagang ethek.

Source: http://jawapos.com/

0 Komentator:

Post a Comment

DO-FOLLOW BLOG

No Spam, No Rasis, No Anarkis, Relevant with Topic 'n Just Good Comment(s)