Piala Indonesia 2010: Akankah Seperti Piala Dunia 2010?

Piala Indonesia 2010 FIFA World Cup 2010

Hallo kawan semua. Bagaimana kabar hari ini? Semoga kita semua senantiasa dalam lindungan-Nya. Amin.

Nah kali ini saya akan membahas sesuatu yang menarik untuk kawan perhatikan, apalagi yang suka menikmati perkembangan bal-bal'an Indonesia. Apabila kawan jeli memperhatikan prestasi tim semifinalis Piala Indonesia 2010, pasti kawan teringat pada pertandingan semifinal Piala Dunia 2010 yang lalu. Hayooo...ada yang tahu nggak apa yang sama? (Pembaca menjawab: saya tahu, saya tahu). Yaps...benar! Memang ada persamaan antara semifinalis Piala Indonesia 2010 dengan semifinalis Piala Dunia 2010. Persamaan tersebut adalah terdapat dua tim yang pernah juara, satu tim spesialis runner-up serta satu tim yang belum pernah merasakan final.

Arema Indonesia dan Sriwijaya FC Palembang merupakan klub yang sama-sama dua kali mengecap juara Piala Indonesia (dulu Copa Indonesia -Fe). Itu berarti jika disamakan dengan semifinal Piala Dunia 2010, mirip dengan Uruguay dan Jerman. Tim Eropa Barat, Belanda, ditakdirkan "hanya" sebagai spesialis runner-up di Piala Dunia, sama dengan Persipura Jayapura yang juga ditakdirkan sebagai spesialis runner-up Piala Indonesia. Sedangkan Persik Kediri dan Spanyol belum pernah sekalipun mencicipi partai final.

Sriwijaya FC = Uruguay
Arema = Germany
Persipura = Netherlands
Persik = Spain

Sekadar mengingatkan, pada Piala Dunia 2010 lalu tim yang pernah juara bertemu tim belum pernah juara (Uruguay vs Belanda, Jerman vs Spanyol). Hebatnya (atau mungkin sedikit mengejutkan), tim yang pernah juara semua kandas dan hanya berhak memperebutkan tempat ketiga. Belanda pun dipaksa tetap menjadi spesialis runner-up. Dan, Spanyol meraih Piala Dunia untuk pertama kalinya.

Apakah di Piala Indonesia terjadi hal yang demikian pula? Bisa saja. Karena pada Piala Indonesia kali ini tim yang pernah juara juga bertemu dengan tim yang belum pernah juara (Sriwijaya FC vs Persipura, Arema vs Persik). Kalau dilihat dari kekuatan keempat tim, kemungkinan besar tim "juara" yang akan bertemu di final (Sriwijaya FC dan Arema). Namun, pertandingan semifinal dimainkan satu kali di tempat netral (Stadion Gelora Delta, Sidoarjo) dan tiap tim punya peluang yang sama untuk lolos ke semifinal. Hmm...Piala Indonesia 2010 = Piala Dunia 2010? [Fe]

0 Komentator:

Post a Comment

DO-FOLLOW BLOG

No Spam, No Rasis, No Anarkis, Relevant with Topic 'n Just Good Comment(s)