Laka Lantas Meningkat, Tingkatkan Pembinaan

Pacitan - Angka lakalantas di kabupaten Pacitan dalam dua tahun terakhir mengalami tren peningkatan. Data unit Laka Lantas Polres Pacitan menyebutkan, jumlah kasus kecelakaan lalu lintas sepanjang tahun 2009 total mencapai 190 kejadian. Dengan rincian korban meninggal dunia 26 orang,sedangkan korban luka berat mencapai 42 orang serta luka ringan 276. Kerugian material ditaksir mencapai hampir 300 juta rupiah.Sementara ditahun 2010, hingga bulan Juni saja tercatat sudah terjadi 108 lakalantas. Dengan Jumlah korban meninggal mencapai 8 orang, luka berat 10 dan luka ringan 183 orang serta kerugian juga hampir mencapai angka sama.

Kasat Lantas Polres Pacitan AKP M Sugiyato saat dikonfirmasi, Senin (5/7/2010) membenarkan hal tersebut. faktor utama penyebab kecelakaan adalah kelalaian manusia. Kendati Dia juga tidak menampik jika keberadaan rambu-rambu lalu lintas butuh penambahan. Terutama pada jalur-jalur rawan kecelakaan.

Polisi sendiri ujar Kasat Lantas sudah bertindak persuasif untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas. Mulai dengan menempatkan personil di kawasan rawan laka hingga penyuluhan kepada masyarakat terutama bagi para pengguna jalan. Toh kenyataanya, kecelakaan masih kerap terjadi. Ironinya, sebagian besar kasus lakalantas melibatkan remaja atau pelajar. Untuk itu, Satlantas Polres Pacitan akan lebih mengintensifkan program go to school atau pembinaan ke sekolah-sekolah.

Bukan hanya berupaya menekan kasus lakalantas, jajaran sat lantas polres Pacitan juga berusaha memberikan kenyamanan bagi masyarakat pengguna jalan selain kendaraan bermotor. Mulai pekan kemarin telah diluncurkan program Car Free Day yang berlaku setiap Sabtu dan Minggu. Kawasan bebas berkendara, meliputi seputaran alon-alon. Bagi kendaraan yang biasa melintas pada kawasan tersebut setiap akhir pekan akan ditutup dan dialihkan ke jalur lain.

Source: Pacitan News Online

0 Komentator:

Post a Comment

DO-FOLLOW BLOG

No Spam, No Rasis, No Anarkis, Relevant with Topic 'n Just Good Comment(s)