Rencana Strategis Kementerian Pertanian 2010-2014



Kinerja pembangunan pertanian periode 2004-2009 yang tumbuh dengan cukup mengesankan seyogyanya harus dapat ditingkatkan dengan lebih baik lagi pada periode 2010-2014 mendatang. Renstra Kementerian Pertanian Tahun 2010-2014 ini merupakan acuan dan arahan pembangunan pertanian untuk memposisikan kembali pertanian sebagai motor penggerak pembangunan nasional melalui pencapaian 4 Target Utama pembangunan pertanian ke depan, yaitu: (1) pencapaian swasembada dan swasembada berkelanjutan, (2) peningkatan diversifikasi pangan, (3) peningkatan nilai tambah, daya saing dan ekspor, dan (4) peningkatan kesejahteraan petani.

Upaya mencapai target utama pembagunan pertanian di atas tentu tidaklah mudah, karena dihadapkan pada kondisi permasalahan dan tantangan pembangunan pertanian yang tidak ringan, di samping juga gerak dinamika lingkungan strategis internasional, regional dan lokal yang semakin kompleks. Untuk menghadapi kondisi tersebut Kementerian Pertanian akan menerapkan Strategi 7 GEMA Revitalisasi yaitu revitalisasi lahan; revitalisasi perbenihan dan perbibitan; revitalisasi infrastruktur dan sarana; revitalisasi sumber daya manusia; revitalisasi pembiayaan petani, revitalisasi kelembagaan petani; serta revitalisasi teknologi dan industri hilir. Dalam implementasi 7 GEMA Revitalisasi ini di lapangan membutuhkan kerjasama dan komitmen oleh para pelaku pembangunan pertanian di berbagai jenjang pemerintahan yang disesuaikan dengan karakteristik prospek dan potensi yang ada di masing-masing daerah.

Renstra Kementerian Pertanian Tahun 2010-2014 ini diharapkan mampu mendorong dan mengakselerasi gerak dan langkah para pelaku pembangunan hingga ke tingkat petani di lapangan. Oleh karena itu, kami mengharapkan kepada segenap jajaran Kementerian Pertanian, instansi lintas sektor di Pusat dan Daerah, terlebih kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah lingkup pertanian seyogyanya dapat mendayagunakan dokumen Renstra ini dan menggunakannya sebagai pedoman dan arahan dalam merencanakan, melaksanakan dan mengendalikan kegiatan di Kementerian/Lembaga, instansi dan unit kerja masing-masing sesuai yang tertuang dalam Renstra ini untuk mencapai tujuan dan sasaran pembangunan pertanian.

Akhir kata, semoga dokumen Renstra Kementerian Pertanian Tahun 2010-2014 ini dapat bermanfaat untuk mencapai cita-cita luhur visi pembangunan pertanian yaitu terwujudnya pertanian industrial unggul yang berbasis sumberdaya lokal untuk meningkatkan kemandirian pangan, nilai tambah, daya saing, ekspor dan kesejahteraan petani. Semoga Allah SWT berkenan memberikan perlindungan dan ridho-Nya atas semua upaya yang akan kita kerjakan bersama.

Jakarta, 29 Januari 2010
Menteri Pertanian
SUSWONO

Source: http://www.deptan.go.id/

0 Komentator:

Post a Comment

DO-FOLLOW BLOG

No Spam, No Rasis, No Anarkis, Relevant with Topic 'n Just Good Comment(s)