Tips Aman Bersepeda di Jalan Raya

Short URL: http://goo.gl/fb/dfgWF

Safety Riding - KOSKAS Malang - Sepeda merupakan salah satu alat transportasi di dunia ini. Alat transportasi tanpa bahan bakar sehingga tidak menghasilkan polusi dan lebih ramah lingkungan. Akhir-akhir ini semakin banyak pengguna sepeda di tengah isu global warming. Entah itu bike to work, bike to school, bike to campus atau sekedar gowes ringan bersama teman-teman/komunitas sepeda. Tak jarang jalan yang harus dilewati adalah jalan raya yang ramai oleh kendaraan bermotor. Tentu pengguna sepeda harus berhati-hati menghadapi pengemudi kendaraan bermotor yang sering ugal-ugalan. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mas bro/mbak sist ketika sedang bersepeda di jalan raya, terutama mengenai safety riding.
  1. Berpakaianlah dgn benar. Pakailah helm dan pakaian berwarna terang. Pada musim hujan, gunakan jas hujan yang tidak mengganggu kenyamanan, keseimbangan dan kendali mas bro/mbak sist di atas sepeda.

  2. Patuhi rambu dan peraturan lalu lintas. Tak ada bedanya dengan pengguna jalan yang lain, bersepeda di jalan raya juga harus mematuhi rambu dan perturan lalu lintas.

  3. Jangan pernah bersepeda melawan arus jalan. Pengemudi kendaraan bermotor tak akan memerhatikan sepeda yang melaju di jalur jalan yang salah.

  4. Jangan memakai headphone (earphone). Pakailah helm, jangan menggunakan peranti headphone (dari walkman maupun handphone). Menurut beberapa penelitian, telinga yg tertutup rapat bisa mengurangi keawasan keadaan sekelilingnya.

  5. Siapkan kedua tangan untuk mengerem. Mas bro/mbak sist mungkin tak bisa langsung berhenti jika mengerem hanya dengan satu tangan. Siapkan jarak aman antara 1 pengendara sepeda dengan yang lainnya

  6. Perhatikan jalan di samping dan belakang. Mas bro/mbak sist dapat memindai keadaan jalan di samping dan di belakang mas bro/mbak sist tanpa harus kehilangan keseimbangan dan kendali pada sepeda.

  7. Gunakan lampu di malam hari. Selain membantu mas bro/mbak sist melihat arah dan kondisi jalan, lampu membantu pengemudi kendaraan lain di depan untuk melihat keberadaan mas bro/mbak sist.

  8. Gunakan tangan untuk memberi tanda kepada pengguna jalan lain tentang ke arah mana mas bro/mbak sist akan melaju. Ini memang aturan tak tertulis bagi pengguna sepeda, tetapi penting bagi keamanan mas bro/mbak sist.

  9. Rawat dan jagalah kondisi sepeda mas bro/mbak sist. Lakukan perawatan rutin sehingga sepeda mas bro/mbak sist bisa berjalan dengan aman dan nyaman. Gantilah rem dan ban secara berkala.

Nah, semoga tips di atas bermanfaat dan mas bro/mbak sist akan tetap bisa bersepeda dengan aman dan nyaman di jalan raya.

Sumber: Team Rexona Men on Facebook

0 Komentator:

Post a Comment

DO-FOLLOW BLOG

No Spam, No Rasis, No Anarkis, Relevant with Topic 'n Just Good Comment(s)