SP2010 Kabupaten Pacitan Dipantau Tim Monitoring Kualitas Dari Pusat





PACITAN - Secara umum, hingga lima hari pelaksanaan sensus penduduk SP2010 di kabupaten Pacitan berlangsung lancar. Penilaian itu disampaikan Koordinator Monitoring Kualitas pusat Dwi Harwin Kusmario, saat memantau pelaksanaan SP2010, di Pacitan.

Menurutnya dari 24 desa di 4 kecamatan yang dijadikan sampel, pihaknya tidak menemukan pelanggaran. keempat kecamatan tersebut adalah Pringkuku, Pacitan, Kebonagung dan Arjosari. Masing-masing kecamatan diambil 6 desa dan dilakukan secara acak. Tim monitoring bahkan memberi apresiasi khusus kepada para petugas lapangan, karena sudah mampu menjangkau wilayah-wilayah pelosok yang akses jangkauanya relatif sulit.

Sebagai pemantau kualitas sensus, tandas Dwi Harwin Kusmario, tim monitoring ini berfungsi memberikan peringatan dini jika terjadi kesalahan atau kekeliruan dilapangan. Ada dua tugas dari Tim ini, yakni pengecekan wilayah cakupan dan pemeriksaan isian.Setiap temuan akan dilaporkan ke server portal nasional melalui SMS Getway.Dengan pelaporan melalui pesan singkat tersebut akan bisa diakses online, sehingga pihak BPS bisa langsung menindaklanjuti setiap kesalahan.

Secara umum dari hasil evaluasi 3 hari kerja para petugas sensus, BPS tidak menemui kendala berarti. Kepala BPS Pacitan Sunaryo mengaku, justru permasalahan yang muncul adalah kurangnya pemahaman masyarakat terhadap pendataan keluarga. Terutama, bagi pelajar yang berdomisili di kota lain, atau kepala rumah tangga yang bekerja di wilayah lain.Kendati tercantum dalam kartu keluarga namun harus menyesuaikan dengan konsep SP2010. Keberadaan KK hanya akan dijadikan rujukan pelengkap data jika dibutuhkan.

Untuk saat ini Tim Monitoring baru melakukan cek cakupan. Sedangkan pemeriksaan isian baru akan dilakukan serentak 7 Mei mendatang. Selain kabupaten Pacitan Tim Monitoring Kualitas ini juga melakukan pemantauan di Kabupaten Ponorogo dan Trenggalek.

Source: http://pacitankab.go.id/

love love

2 comments:

  1. Semoga Monitoring Kualitas SP2010 bermanfaat sekaligus juga menambah link silaturrahim dengan saudara di daerah,,,,,
    Pastikan Anda dihitung dalam SP2010..!!!

    ReplyDelete
  2. amiiiiiinnnnnn...

    tp kok sampai sekarang belum dihitung ya...

    ReplyDelete

DO-FOLLOW BLOG

No Spam, No Rasis, No Anarkis, Relevant with Topic 'n Just Good Comment(s)